JANGAN LUPA KUNJUNGI TERUS http://berita-mania.blogspot.com KARENA INFO-INFO MENARIK AKAN DIUPDATE TIAP HARI

Iklan

Iklan

Sunday, September 26, 2010

Stasiun Kereta Nol Emisi Nan Super Futuristik Untuk Stuttgart

Desain ulang stasiun kereta Stuttgart ulang pada tahun 2007 ini sangat memiliki pemikiran maju dalam hal kesinambungan dan transportasi ramah lingkungan. Pada waktu itu, Stuttgart dan Deutsche Bahn mengadakan kompetisi untuk merancang stasiun baru yang bisa mengakomodasi rel berkecepatan tinggi dan hadiah utama ini diraih oleh Ingenhoven Architects, yang desainnya memutar trek sebesar 90 derajat dan menempatkan rel-rel di bawah tanah sehingga bisa menciptakan taman baru yang luas di tengah kota. Sementara untuk kesinambungan, skylight-skylight raksasa memasukkan cahaya matahari ke bawah ke trek di bawah tanah dan dengan penggunaan fotovoltaik di gedung sekitar, keseluruhan kompleks stasiun ini nol emisi.

Stasiun ini sedang dibangun dan diharapkan selesai pada tahun 2016. Stasiun kereta lama juga memakan lahan yang cukup banyak di pusat kota dan mengacaukannya dengan rel kereta, tapi stasiun kereta baru akan membuat rel kereta 12 meter di bawah permukaan dan membuka tempat untuk taman kota seluas 42.000 meter persegi. Taman kota baru ini juga akan berdampingan dengan taman-taman kastil atau “Schlossgarten” yang bertindak sebagai paru-paru kota untuk memberikan udara segar.

Di bagian atap, sebuah “mata lampu” bulat akan bertindak sebagai skylight untuk stasiun yang ada di bawahnya dan jendela yang bisa digerakkan bersama dengan pipa-pipa ventilasi akan melenyapkan kebutuhan akan ventilasi mekanikal. Penggunaan pencahayaan dan ventilasi alami akan meminimalkan energi yang dibutuhkan untuk stasiun dan pencahayaan tambahan akan sangat energi efisien dan tersedia lewat sistem fotovoltaik di gedung stasiun utara.




Sumber : ManiaTekno

Baca Juga



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pesan Sponsor