JANGAN LUPA KUNJUNGI TERUS http://berita-mania.blogspot.com KARENA INFO-INFO MENARIK AKAN DIUPDATE TIAP HARI

Iklan

Iklan

Tuesday, September 14, 2010

Inovasi Pembangkit Listrik Tenaga Petir


Listrik memang tidak tumbuh dari pohon tapi petir tersedia gratis di udara jika anda tahu cara menangkapnya. Inilah tujuan yang dipresentasikan oleh Dr. Francesco Galembeck dari University of Campinas Brazil di pertemuan tahunan American Chemical Society ke-240.

Dia dan koleganya sudah memperlihatkan bagaimana partikel silika dan aluminium fosfat menjadi bermuatan listrik saat uap air melewati partikel-partikel itu. Ini bertujuan untuk membuktikan dua hal. Pertama, tetesan air di udara memang membawa arus listrik. Kedua, logam bisa digunakan untuk mengumpulkan arus tersebut.

Para pencelanya menunjukkan bahwa tim Dr. Galembeck mungkin membuat tetesan-tetesan air memiliki arus listrik dengan memompakan udara lewat logam yang mana ini menandakan Anda mungkin tidak bisa mempraktekkan teknik ini dengan udara yang lembab. Juga ada protes yang mengatakan bahwa sedikit arus yang mereka berhasil kumpulkan dari uap air itu 100 juta kali lebih kecil dari apa yang para mania tekno bisa dapatkan dari solar cell berukuran sama. Meski demikian, ini tetap membukakan pintu baru ke sumber energi alternatif di tengah ketergantungan kita terhadap minyak bumi. Mungkin ke depannya akan ada mobil bertenaga petir?

View Source: BBC

Baca Juga



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pesan Sponsor