JANGAN LUPA KUNJUNGI TERUS http://berita-mania.blogspot.com KARENA INFO-INFO MENARIK AKAN DIUPDATE TIAP HARI

Iklan

Iklan

Saturday, December 4, 2010

Asal Usul Meises atau Hagelslag

Bangsa Belanda menyebutnya Hagelslag. Di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Meises. Orang Amrik sono menyebutnya dengan nama sprinkles or Jimmies. Meises merupakan sebuah teman roti yang dibuat dari coklat dan juga gula, dan bentuk temen roti seperti ini banyak sekali ditemukan di Indonesia, Belgia, dan Suriname yang notabenenya masih merupakan negara-negara jajahan Belanda.


http://students.ou.edu/H/Victoria.R.Hoornstra-1/hagelslag.jpg

Hagelslag a.k.a meises pertama kali ditemukan oleh Gerard de Vries for Vens yang merupakan salah satu perusahaan yang berdiri megah pada tahun itu. Karena pada saat itu banyak sekali anak-anak yang meminta topping buat roti yang terbuat dari coklat -terutama anak kecil berusia lima tahun yang bernama H. Baker yang mengirimkan surat untuk dibuatkan toping bitiran coklat- memicu perusahaan ini untuk mengembangkan pembuatan meises. Setelah melakukan berbagai penelitian dan percobaan, walhasil perusahaan ini berhasil membuat alat untuk membuat butiran-butiran coklat yang kita namakan meises sekarang ini.

Kisah menarik dari meises ini, adalah nama yang digunakan untuk meises di Belanda sana yaitu hagelslag. Kenapa menarik karena sebenarnya hagelslag ini diambil dari sebuah fenomena alam di belanda sana, yaitu fenomena hujan es yang sering terjadi di belanda (hagel=es).

Sedangkan di Indonesia sendiri nama yang diambil adalah meises, yang berarti gadis-gadis kecil belanda, yang merunutu dari kata meisje

Baca Juga



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pesan Sponsor